Thursday 31 August 2017

Pengalaman Operasi Caesar Putri Kecilku

Assalamualaikum semuaa

Postingan kali ini, aku ceritain pengalaman melahirkan putri kecilku melalui operasi caesar. Aku dan suami memilih tanggal 27 Mei 2017, sebagai tanggal operasiku. Sebenarnya ga ada makna khusus kenapa milih tanggal 27 Mei, cuma sesuai aja sih sama rekomendasinya Dokter Upik, dokter kandunganku selama di Jogja.

Sebelum tanggal 27 Mei 2017, aku puas-puasin makan makanan yang aku pengin makan. Soalnya abis operasi kan masa pemulihan dan pasti lebih seneng di rumah nemenin adik bayi yang lucu. Tanggal 26 Mei 2017 pagi, aku siapin barang-barang apa aja yang mau aku bawa ke rumah sakit, here they are
- baju ganti (aku bawa agak banyak, soalnya kira-kira bakalan nginep 3 hari)
- baju bayi, gedong bayi, selimut bayi
- pompa asi
- kain jarik
- berkas-berkas administrasi, ada ktp, kartu keluarga, kartu BPJS

itu aja sih barang yang aku bawa ke RSKIA Sadewa, soalnya kalau ada yang kurang, nanti mau diantar sama bapak ibu atau suamiku. Okay tanggal 26 sore, aku diantar suami dan bapak ibu berangkat menuju rumah sakit. Haduhh rasanya dag, dig, dug soalnya aku alhamdulillah dikaruniani badan yang sehat, belum pernah nginep di rumah sakit. Ini sekalinya nginep, langsung mau operasi. Sebenarnya beberapa hari sebelum operasi, aku takut bakal gimana-gimana. Ngebayanginnya aja serem gitu, bakalan dieksekusi gitu. Tapi yaudah lah pasrah, bentar lagi ketemu sama adek bayi.

Nyampe rumah sakit, aku daftar ke resepsionis, terus ke UGD, disana di cek tekanan darahnya, urin, sama dicek darahnya, sementara suamiku ngurus administrasi buat nginep di rumah sakit. Setelah selesai dicek ini itu, kemudian perawat ngasih 2 surat pernyataan yang mesti aku isi. Pertama persetujuan penggunaan obat bius selama operasi sama satu lagi aku lupa (maafkan pemirsa 😁) kalo ga salah persetujuan keluarga gitu.

selesai suami ngurus administrasi, aku diantar sama perawat ke ruang inap VIP RSKIA Sadewa, soalnya ruang VVIP lagi penuh, baru kosong tanggal 27 Mei, sementara aku di ruang VIP dulu. Aku dapat jadwal operasi jam 6 pagi tanggal 27 Mei 2017 dengan dokter Upik. Mulai jam 10 malam aku disuruh puasa sama perawatnya ga boleh minum sama makan. Tapi aku masih bandel, kepengin banget makan gudeg, jadilah bapak beliin aku gudeg, hehehehe makasih banyak ayah.

Semalaman itu aku ga bisa tidur, duhh rasanya gelisah, campur aduk ga karuan. Ga tenang sama sekali. Jam setengah lima pagi, aku puas-puasin mandi dan keramas, pasti bakalan susah mandi sama keramas. Jam 5 pagi, suster dah datang mau ngecek tekanan darah, lalu pasang infus. Selesai pasang infus, perawat nyuntik obat bius di tangan kanan, buat ngecek cocok engga obat biusnya, timbul alergi apa engga. Kalau alergi timbul merah-merah di area yang disuntik tadi atau malah gatel-gatel. Alhamdulillah aku ga timbul apa-apa. Terus aku disuruh ganti baju operasi, yang warnanya ijo-ijo, terus dibawa ke ruang operasi naik kursi roda. Rasanya gimana gitu, berasa banget kayak mau dieksekusi gitu.

Nyampe ruang operasi, aku masuk sendiri, suami sama keluargaku ga boleh masuk, cuma nunggu di luar ruang operasi. Jadilah aku masuk sendiri. Ruang operasi ini terang banget lampunya, kasurnya kecil, ngepas banget sama badanku. Habis naik ke tempat tidur operasi, aku disuruh duduk, baru punggung belakang aku disuntik, rasanya suakitt dan panas gitu. Selesai disuntik, disuruh rebahan, tangan kanan dipasang alat tensi, terus dipasang selang pernafasan sama kateter. Jam 6 pagi, dokter Upik dah datang. Tepat waktu, padahal pas praktek ngarettnya nguji sabar banget.


Kakiku lama-lama mulai kesemutan, terus berat ngangkat kaki, nyampe ga ngerasain apa-apa lagi. Selama operasi aku dalam keadaan sadar, masih bisa dengar dan liat kanan-kiri. Tim dokter malah ngobrolin liburan ke Dieng, akunya cuma diem, ndengerin sambil terus berdoa. Kira-kira setengah jam, anakku lahir langsung denger dia nangis. Terus diangkat sama dokter, ini bu anaknya sudah lahir. Alhamdulillah syukur ya Allah, tapi aku ga bisa liat jelas wajah anakku gimana, karena aku minus tinggi. Anakku langsung digendong sama salah satu dokter, dan aku masih lanjut operasinya.

Jam 7 pagi, aku dah selesai operasi. Langsung dibawa ke kamar inap. Ternyata setelah melewati operasi, alhamdulillah aku mendapat pengalaman operasi yang lancar, ga sakit sama sekali pas operasi dan cepet. Ga seseram bayanganku. Tiga jam setelah operasi, baru kerasa sakitnya, tapi perawat rutin ngasih penghilang rasa sakit lewat infus. Jam 12 siang, anakku diantar ke kamar. Wahhh lucunya liat adek bayi, disitu perawatnya langsung ngajarin gimana caranya nyusuin adek. Karena anakku lahir dalam kondisi sehat, jadi bisa boleh satu kamar sama aku, nyampe keluar rumah sakit. Besoknya latihan miring kanan-kiri sama duduk. Abis infus dan kateter dilepas, latihan jalan. Awal-awal jalan, sakitnya luar biasa, tapi suami selalu kasih semangat dan bantu aku latihan. Aku nginep 3 hari aja di rumah sakit, lalu pulang, walopun masih sakit-sakit di daerah bekas operasi, tapi udah bisa jalan. Oiya aku cuma bayar total 4,5 juta aja, alhamdulilah dapat murah dengan kelas VVIP. Terima kasih ya Allah, aku menjalani operasi dengan lancar dan adek bayi lahir sehat. Okay guys, inilah ceritaku hari ini, next story aku bakalan ngepost pengalamanku belajar menjadi orang tua, pengalaman ngasuh anak. The journey of parenting start here, stay tune yah.

Kenalkan, ini putri kecilku Alisha Ayu Labibah


Bisa melek, walaupun masih dikit


Tidur pulas ya nak




0 comments:

Post a Comment

 

Dian World Template by Ipietoon Cute Blog Design